“In God we trust. All others must bring data.” Pernyataan William Edwards Deming ini amat relevan bagi pengambilan keputusan strategis dan taktikal pemasaran dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Riset pemasaran memfasilitasi perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan secara sistematis atas data dan temuan yang relevan dengan situasi pemasaran spesifik. Buku ini mengulas prinsi…
Berbeda dengan buku-buku teks pemasaran lainnya, buku ini mengulas secara komprehensif domain, determinan, dan dinamika strategi pemasaran. Selain itu, sejumlah isu kontemporer diintegrasikan ke dalam pembahasan buku ini, diantaranya : 1 - Pergeseran paradigma dari Goods-Dominant Logic ke arah Service Dominant Logic 2 - Perspektif baru dalam pemasaran, seperti Relationship Marketing, Marketi…
Sebagai bidang kajian akademis dan aplikasi praktis, domain strategi pemasaran berkembang dari waktu ke waktu. Dinamika lingkungan bisnis global menghadirkan berbagai perspektif, ancangan, konsep dan lingkup strategi pemasaran. Kejelian dalam merancang, menerapkan, dan memantau strategi pemasaran berkontribusi pada nasib sebuah bisnis; struggling, survival, supremacy, atau sayonara. Buku ini…
Layanan prima adalah ekspektasi sekaligus tuntutan para pelanggan saat ini. Bagi setiap organisasi, layanan bukan saja bermanfaat sebagai pelengkap produk yang ditawarkan, tetapi juga merupakan kunci diferensiasi efektif yang berpotensi menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tema sentral buku ini adalah membangun, mempertahankan, dan meningkatkan layanan prima dalam sebuah organisasi.…
Saat ini kepuasan pelanggan (customer satisfaction) telah menjadi keyword dalam pernyataan visi, misi, tujuan, sasaran, positioning, slogan dan atau tagline beraneka ragam organisasi, baik bisnis maupun non-bisnis. Namun, sayangnya tak banyak yang sungguh-sungguh memahami apa itu kepuasan pelanggan, bagaimana mengukurnya, serta bagaimana mewujudkannya. Buku ini menjabarkan secara rinci aspek-as…