Text
Perencanaan pembelajaran
Banyak ungkapan yang sering di lontarkan melalui berbagai pertemuan atau media massa tentang rendahnya kualitas Pendidikan kita dewasa ini, bukan saja kualitas Pendidikan sebagai dampak langsung yang dilihat memalui hasil belajar siswa, tetapi sampai pada dampak penggiring pun dianggap kurang berhasil di bentuk melalui lembaga pendidikan formal di sekolah. Hal ini dapat dilihat melalui berbagai aksi yang dilakukan siswa bahkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan martabat bangsa. Indikasi ketidak berhasilan ini jika dilihat dari aspek pembelajaran salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian guru atau dosen dalam merencanakan kegiatan pembelajaran.
Itulah sebabnya dilembaga Pendidikan tinggi diupayakan satu mata kuliah perencanaan pembelajaran atau desain instruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima. Di universitas lain perencanaan pembelajaran diberikan kepada dosen dalam bentuk penataran Pendidikan keterampilan instruksional yang salah satu materinya adalah perencanaan pembelajaran.
Buku ini merupakan salah satu buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang tinjauannya didasarkan pada teori-teori intruksional yang banyak dikembangkan di negara-negara peletak dasar instruksional, yakni di Amerika serikat.
Buku ini diawali dengan pemaparan teoritis tentang pembelajaran, kemudian membicarakan tentang kondisi pembelajaran, strategi pembelajaran dan hasil pembelajaran. Di akhir uraian bab ini dikemukakan tentang pengembangan desain pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain