Manusia makhluk sosial yang educable perlu mendapatkan pendidikan dan bimbingan untuk menjadikannya manusia dewasa dan mandiri. Manusia juga makhluk unik yang berbeda antara satu dan lainnya dalam berbagai hal. Pengembangan diri dalam struktur kurikulum merupakan fokus yang berkesinambungan dari sasaran program bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu tugas pusat k…
Belajar pada hakikatnya adalah sebuah proses dimana peserta didik terlibat dalam aktivitas yang memungkinkan mereka memiliki kemampuan atau perilaku yang tidak dimiliki sebelumnya (Robert Gagne, 1970). di Indonesia, konsep belajar yang aktif dan menyenangkan sebenarnyabukan hal yang baru. Tercatat model pembelajaran SAS, global, keterampilan proses, dan CBSA (cara belajar siswa aktif). PA…
Karier bukan sekedar pekerjaan atau jabatan seseorang, melainkan suatu pekerjaan atau jabatan yang benar-benar sesuai dengan potensi diri sehingga membuat seseorang senang melakukannya, kemudian mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasinya, mengembangkan potensi dirinya, lingkungannya, serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Untuk itu, bimbingan karier perlu diberi…