Text
UMKM 4.0
Buku ini memberikan gambaran dan wawasan untuk calon UMKM atau wirausaha skala UMKM tentang era revolusi digital 4.0. Siap tidak siap era 4.0 akan tiba, bahkan sudah dapat dirasakan perubahan era ditandai dengan mulai bergesernya gaya belanja konsumen dari offline ke online. Dengan buku ini, pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan dan panduan antara lain :
UMKM dapat mengetahui gambaran era revolusi industri 4.0 seperti kemajuan dalam daya komputerisasi. IoT (Internet of Things), kecerdasan buatan, robotik, dan hal lainnya yang akan mempengaruhi kondisi dunia usaha, khususnya usaha mikro kecil dan menengah.
UMKM dapat mengetahui tentang karakter konsumen di era digital 4.0 beserta ciri generasi konsumen yang ada, berikut pola cara belanja untuk tiap generasi tersebut. Tujuannya agar UMKM lebih mengetahui karakter konsumen yang akan dituju.
UMKM dapat mengenal industri dan produk kreatif sebagai solusi dari persaingan usaha yang ketat di era 4.0
UMKM dapat mengetahui 16 subsektor bidang industri kreatif sebagai yang dapat dijadikan ide usaha baru atau ide pengembangan usaha
UMKM dapat mengetahui cara perencanaan produk kreatif, sebagai pilihan produk usaha baru atau varian baru dalam rangka meningkatkan penjualan usaha
UMKM dapat mengetahui cara pengelolaan sumber daya, produksi, operasional, dan persediaan usaha agar menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat bersaing kompetitif
UMKM dapat mengetahui cara pengelolaan dan perhitungan keuangan usaha agar dapat berkembang ke skala yang lebih tinggi dengan dasar pondasi keuangan yang kuat serta efisien
Tidak tersedia versi lain