Text
Pengembangan UMKM: kebijakan, strategi, digital marketing dan model bisnis UMKM
Buku ini membahas pengembangan UMKM ( Usaha mikro, kecil dan menengah), dengan topik utama: (1) kebijakan UMKM, membahas tiga kebijakan utama UMKM yang di tetapkan pemerintah yang tertuangdalam RPJM 2020-2024 dan membahas tujuan, sasaran kebijakan, serta arah kebijakan dan strategi nasional; (2) Strategi pengembangan, membahas konsep, teori pengembangan dan strategi pengembangan UMKM, baik yang dilaksanakan pemerintah, perguruan tinggi, dan pihak lainnya; (3) digital marketing, membahas kelebihan, kelemahan, metode dan strategi digital marketing bagi UMKM; (4) model bisnis UMKM, membahas konsep, tahapan, elemen kunci, perbedaan dengan business plan, serta strategi model bisnis bagi UMKM.
Pada awal bab memaparkan mengenai konsep,definisi, teori dan karakteristik UMKM; berbagai peran dan kontribusi dari dalam perekonomian di Indonesia; potensi-potensi yang dimiliki UMKM yang dapat dikembangkan; berbagai sektor bisnis UMKM dibahas disini, termasuk e-bisnis dan industri kreatif skala UMKM, serta rantai nilai dari sektor bisnis UMKM; memaparkan kinerja UMKM dan permasalahan-permasalahan umum khusus UMKM juga permasalahan baik secara internal maupu eksternal serta Gambaran daya saing UKM Indonesia dan faktor-faktor penentu UKM memiliki dan mampu berdaya saing. Buku ini diolengkapi dengan contoh-contoh model bisnis, seperti model inkubasi, model daya saing dan model kemitraan UMKM, serta dilengkapi kasus-kasus pengalaman penulis dalam pengembangan UMKM.
Buku ini dirancang bukan saja untuk kebustuhan mahasiswa, tetapi juga bagi para pelaku usaha dan berbagai pihak yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan UMKM.
Tidak tersedia versi lain